Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 10



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok         : Transaksi jurnal penyesuaian
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 20 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.10 Menganalisis transaksi jurnal penyesuaian
2.    KD pada KI keterampilan
4.10 Membuat transaksi jurnal penyesuaian

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.10.1 Mencerahkan akun akun yang termasuk dalam jurnal penyesuaian
    3.10.2 Membeda-bedakan Transaksi yang sudah dicatat tetapi belum dikoreksi karena tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
3.10.3 Menggolongkan  transaksi jurnal penyesuaian
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.10.1 Melakukan akun akun yang termasuk dalam jurnal penyesuaian
4.10.2 Mereplikasikan Transaksi yang sudah dicatat tetapi belum dikoreksi karena tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
4.10.1 Menerapkan transaksi jurnal penyesuaian




D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Menjelaskan akun akun yang termasuk dalam jurnal penyesuaian
2.      Menjelaskan Transaksi yang sudah dicatat tetapi belum dikoreksi karena tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
3.      Mempelajari transaksi jurnal penyesuaian

E.  Materi Pembelajaran

Jurnal Penyesuaian
Perlu diketahui bahwa kertas kerja enam kolom disusun tanpa ayat penyesuaian. Hal ini berarti saldo-saldo akun yang terdapat dalam neraca saldo dianggap telah menunjukkan jumlah yang sebenarnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa biasanya pada akhir periode belum semua akun saldonya telah mencerminkan jumlah yang sebenarnya (riil).
Begitu juga akun pendapatan dan beban belum menunjukkan jumlah sebenarnya selama periode yang bersangkutan.
Mengapa demikian? Ini karena selama berjalannya waktu telah terjadi perubahan, tetapi perubahan tersebut belum dicatat. Jadi, saldo akun masih bersifat sementara.

Contoh
a. Perlengkapan Selama satu periode telah terjadi pemakaian perlengkapan, tetapi belum dicatat maka saldo akun tersebut perlu disesuaikan pada akhir periode sehingga mencerminkan jumlah yang sebenarnya.

b. Aktiva Tetap Pemakaian aktiva tetap selama satu periode mengurangi nilai buku aktiva tetap yang bersangkutan, yang sebenarnya dicatat sebagai beban penyusutan dan menambah akun akumulasi penyusutan untuk aktiva tetap yang bersangkutan.

c. Beban/Biaya Dibayar di Muka Selama waktu berjalan jumlah biaya berkurang, tetapi pengurangannya belum dicatat, seperti asuransi dibayar di muka, sewa dibayar di muka, dan iklan dibayar di muka. Sebaliknya, beban yang masih harus dibayar, seperti beban gaji, pajak, bunga, dan lainnya.

d. Pendapatan/Beban Yang dicatat dalam akun merupakan pendapatan/beban periode yang bersangkutan. Jika mencakup jumlah untuk periode yang berikutnya, pendapatan perlu dikurangkan. 
Sebaliknya, jika ada pendapatan/beban periode bersangkutan, belum diperhitungkan, maka pendapatan perlu ditambahkan.Agar saldo akhir sesuai dengan saldo yang sesungguhnya (riil), pendapatan dan beban harus sesuai jumlah dengan pendapatan dan beban periode yang bersangkutan.Perlu diinventarisasi data akhir periode yang dijadikan sebagai dasar penyesuaian (adjustment). Pencatatan penyesuaian dalam bentuk jurnal umum ini disebut juga dengan jurnal penyesuaian.

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo mencerminkan jumlah yang sebenarnya.
Dari informasi di atas, dapat ditarik kesimpulan fungsi jurnal penyesuaian adalah sebagai berikut.

a. Menetapkan saldo catatan akun 
buku besar pada akhir periode sehingga sesuai dengan saldo riil (yang sesungguhnya).
b. Menghitung pendapatan dan beban selama periode yang bersangkutan. Perhatikan catatan berikut ini!

Akun yang biasa memerlukan penyesuaian pada akhir periode, yaitu

a. akun perlengkapan, yang memerlukan penyesuaian karena ada pemakaian;
b. akun beban dibayar di muka, yang memerlukan penyesuaian karena waktu telah dijalani/jatuh tempo;
c. akun aktiva tetap, yang memerlukan penyesuaian karena ada penyusutan aktiva;

d. akun pendapatan, yaitu memerlukan penyesuaian karena ada pendapatan yang belum diperhitungkan atau penerimaan yang belum menjadi pendapatan;
e. akun beban, yang memerlukan penyesuaian karena ada beban yang belum diperhitungkan atau pembayaran yang belum menjadi beban;
f. akun pendapatan diterima di muka, yang memerlukan penyesuaian karena berjalannya waktu atau diserahkannya prestasi pada pelanggan.

Contoh


1. Akun perlengkapan menunjukkan saldo sementara Rp500.000,00. Data akhir periode: Perlengkapan masih ada senilai Rp100.000,00.
Analisis:
Akun perlengkapan (saldonya di sisi debit).
Maka dihitung jumlah yang habis terpakai atau yang telah di sisi debit beban, yaitu Rp500.000,00 - Rp100.000,00 = Rp400.000,00. Kemudian, catatlah dalam akun beban perlengkapan debit Rp400.000,00 dan kurangi jumlah akun perlengkapan sejumlah Rp400.000,00 seterusnya dicatat di sisi kredit.
Jurnal penyesuaiannya adalah

     Beban perlengkapan Rp400.000,00
                    Perlengkapan Rp400.000,00

2. Akun asuransi dibayar di muka menunjukkan saldo sementara Rp360.000,00. Data akhir periode: jumlah asuransi yang telah jatuh tempo adalah Rp120.000,00 yaitu untuk 4 bulan.
Akun asuransi dibayar di muka (saldonya di sisi debit), dicatat sebagai harta. Yang dicatat untuk penyesuaian adalah berapa jumlahnya yang sudah menjadi beban (yaitu sejumlah yang sudah jatuh tempo/sudah dijalani).
Yang disebut beban asuransi sebesar Rp120.000,00 di sisi debit. Kemudian dan dicatat pada akun asuransi dibayar di muka dikurangkan Rp120.000,00 dicatat di sisi kredit.
Jurnal penyesuaiannya adalah

Beban asuransi Rp120.000,00
               Asuransi dibayar di muka Rp120.000,00

3. Akun peralatan menunjukkan saldo Rp3.000.000,00. Pada akhir periode: peralatan disusutkan 10 %.
Analisis:
Akun peralatan (saldo di sisi debit). Penyusutan peralatan 10% x Rp3.000.000,00 = Rp300.000,00 dicatat sebagai beban penyusutan peralatan, di sisi debit.
Kemudian dicatat ke dalam akun akumulasi penyusutan peralatan Rp300.000,00 di sisi kredit untuk menampung setiap penyusutan peralatan setiap tahunnya.
Jurnal penyesuaiannya adalah

Beban penyusutan peralatan Rp300.000,00
             Akumulasi penyusutan peralatan Rp300.000,00

4. Akun pendapatan jasa menunjukkan jumlah Rp1.800.000,00. Data akhir periode: dari pendapatan tersebut sebesar Rp200.000,00 layanan kepada langganan belum dikerjakan.
Analisis:
Akun pendapatan jasa (saldo di sisi kredit). Jumlah pendapatan yang belum menjadi pendapatan adalah Rp200.000,00 karena pekerjaan/layanan kepada langganan belum dikerjakan. Jadi kurangkan akun pendapatan jasa Rp200.000,00 dan dicatat di sisi debit.
Kemudian catatlah ke dalam akun pendapatan diterima di muka Rp200.000,00 di sisi kredit karena dianggap sebagai utang.
Jurnal penyesuaiannya adalah

Pendapatan jasa Rp200.000,00
            Pendapatan diterima di muka Rp200.000,00

5. Akun beban iklan menunjukkan jumlah Rp250.000,00. Pada akhir periode, iklan yang dibayar untuk sepuluh kali pemasangan, sampai akhir periode baru terpasang enam kali.
Analisis:
Akun beban iklan (saldo di sisi debit). Dicatat sebagai beban, sedangkan yang dicatat untuk penyesuaian adalah berapa yang belum menjadi beban.


Transaksi yang sudah dicatat tetapi belum dikoreksi karena tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

a. Beban yang Dibayarkan Di Muka
Beban dibayar di muka merupakan akun campuran, yaitu suatu akun yang di dalamnya terdapat sebagian nilai yang harus masuk ke dalam akun riil dan sebagian lagi harus masuk ke dalam akun nominal. Akun tersebut diperlukan dengan dua cara sebagai berikut.
1) Saat Pembayaran Dicatat sebagai Harta
Jika pada saat pembayaran dianggap sebagai harta maka akun yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut ialah akun “beban dibayar di muka”. Walaupun ada istilah beban, akun tersebut merupakan aktiva, yakni aktiva lancar. Pada akhir periode harus dipisahkan berapa nilai beban periode berjalan (beban yang benar-benar terjadi) dan beban periode yang akan datang (beban yang belum terjadi) dari akun tersebut.
Misalnya, 1 April 2006 dibayar beban asuransi untuk periode 1 tahun sebesar Rp3.600.000,00. Pada saat terjadi transaksi dibuat jurnal sebagai berikut.
Description: Saat Pembayaran Dicatat sebagai Harta
Pada akhir periode dilakukan penyesuaian dengan menghitung beban periode berjalan dan beban periode mendatang. Hal ini dilakukan dengan menghitung jumlah bulan yang termasuk periode berjalan dan jumlah bulan yang termasuk periode mendatang, sebagai berikut:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKZpP9H-T-5U5DjT2lauVhMmlHICOa0OxB-8dRoRApVSamW3_I7lz7RBE7jOoyPlA03IkxCj7paFV_GxRH2U_tLjuYH-Tzzw8sBG2kMEFnwlzl70fyMLqvjw57sU_lh0RiOalp-ebz0k9i/s1600/7f.JPG
Dengan bantuan garis waktu tersebut, dapat dilihat bahwa dalam akun “Asuransi dibayar di muka” terdapat 9 bulan yang sudah menjadi beban periode berjalan dan 3 bulan sebagai beban periode mendatang. Beban periode berjalan harus dikeluarkan dan dipindahkan ke akun “beban asuransi” dan yang menjadi beban periode mendatang tetap dalam akun “Asuransi dibayar di muka”.
Beban periode berjalan =
9/12 × Rp3.600.000,00
= Rp2.700.000,00
Bbeban periode mendatang =
3/12 × Rp3.600.000
= Rp900.000,00
Berdasarkan analisis tersebut maka dibuatlah jurnal penyesuaian tanggal 31 Desember 2006.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbidqz5SAiIqcgYENkgXzLH196YwJFv09TmGjL2rE8s7BHaCvfCc6NgQ3ybhVUTOhZsYr08VGYKSaWrNVvzGG2eE59wIMkqNbYfL9IXPJgkyrfl_kFKinQB9ojF7aisxhCE3KiFLnA9zIc/s1600/7g.JPG
2) Saat Pembayaran Dicatat sebagai Beban
Jika saat pembayaran dicatat sebagai beban maka akun yang digunakan pada saat pencatatan ialah akun “beban asuransi”. Berdasarkan kasus pada contoh di atas maka pada saat pembayaran dibuatlah jurnal penyesuaian seperti berikut.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhek2krf1YDeZkkA0ou6P2Re7LHeJmPInksTppHo58m5_Nm4UhfXgBbcdWKL-OM9_CMC2oCaUBaeDf1iGAhnpDv9NGZJITEEkvUepoqbhPn3NENodT5Dpp2UF4J5GRE-6k4_RKP3pZUEnBX/s1600/7h.JPG
Analisis dilakukan dengan menggunakan bantuan garis waktu sebagai berikut:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSmy8D79ezQ8EaZgcaDIti2hPMzmYV85FbLUpdEfJ1B6jBmd-00bbk60e4u3BbrsS-IXAS4EROnuD0stAPblLG1yls3vEjrwykoN6d4KJRO_WEnSpOvb18VvPLEatoG1eesNm_wsCrG-NR/s1600/7i.JPG
Karena pada saat pembayaran dicatat sebagai beban maka yang dikeluarkan dari akun beban asuransi adalah nilai yang menjadi beban periode mendatang, yaitu 3 bulan. Beban periode mendatang, yaitu:
3/12 × Rp3.600.000,00 = Rp900.000,00

Maka, jurnal penyesuaian tanggal 31 Desember 2006 sebagai berikut:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWgx7JUFmbU6ARwUgByh4-Ob105XjG6vtL3G1yrTcweHyby1d7zHsUzaHtGvZeUjzXPBIYUqmPJxoyyaiQznik92FvHOiV03X5jGXIS4khWLNKV9bwOgg0pDFnxL9_87e5jW1UFnG2ViGV/s1600/7j.JPG





b. Pemakaian Perlengkapan (Supplies)

Akun “perlengkapan kantor” atau “perlengkapan toko” termasuk ke dalam akun campuran, yaitu sebagian masuk kelompok harta (perlengkapan) dan sebagian masuk kelompok beban (pemakaian perlengkapan). Nilai perlengkapan pada akhir periode dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan fisik terhadap persediaan perlengkapan. Misalnya, selama periode akuntansi dilakukan beberapa kali pembelian perlengkapan kantor sehingga dalam neraca saldo terdapat akun perlengkapan kantor (office supplies) sebesar Rp17.000.000,00, melalui pemeriksaan fisik
pada akhir periode (31 Des 2006). Diketahui persediaan perlengkapan sebesar Rp3.200.000,00.
Berdasarkan data tersebut, besarnya nilai perlengkapan yang menjadi beban sebagai berikut: Pemakaian = Rp17.000.000,00 – Rp3.200.000,00 = Rp13.800.000,00
Jurnal penyesuaian tanggal 31 Desember 2006 sebagai berikut.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjekunKHuBTgZMzVaruTt8q1flMjwEl9m6G_2dSgdrUqWQE-zTILVTB42EL543gWUVMl8qZJ86yH6zKHSrKcHJgjr77qF2spBhT-icSkIo7xttqH9c9rS5ya3EVR5NetKJwVbF92e2HthRe/s1600/7k.JPG

Dari data di atas dapat diketahui besarnya pemakaian perlengkapan selama satu periode akuntansi, yaitu Rp13.800.000,00.

c. Pendapatan yang Diterima Di Muka

1)      Saat Permintaan Pendapatan Dicatat sebagai Utang

Jika pada saat penerimaan pendapatan dicatat sebagai utang maka akun yang digunakan untuk transaksi tersebut ialah akun “pendapatan diterima di muka”. Walaupun menggunakan istilah pendapatan, sebenarnya sifat akun tersebut ialah utang.
Misalnya, tanggal 1 September 2006 diterima pendapatan sewa untuk 1 tahun sebesar Rp36.000.000,00. Pada saat terjadi transaksi, jurnal yang dibuat sebagai berikut:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWBMuzVwkEVOqmbaPlKg7bopCuO43kniTeahFR6MTU3nirpKiMe4iTKTjROHzcLzmJTtK2wcGA4bRQhB0fmjkw16FMuyg0TW3bx30bjCQf5mcgE1u_bZGnUQK5YvmU9jiblpK15fVjapRB/s1600/7l.JPG

Pada akhir periode diperlukan jurnal penyesuaian untuk menentukan pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan dan pendapatan yang belum menjadi hak perusahaan. Periode berlakunya sewa (12 bulan)

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOCnRKzj-AYXL0AWXH23mqaaSA3j9HrQsFWprrpW372wfegE5au0vC7idesfpldn5BfVv-14dLrHVkmS74DA0LTVZn_uZQf3ECi6KhzWcVAd_P3sWjBBARU7relwzzyN5CBckt5jwJC9N6/s1600/7m.JPG


Berdasarkan garis waktu tersebut, pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan ialah selama 4 bulan.
Pendapatan periode ini sebesar =
4/12 × Rp 36.000.000,00 = Rp12.000.000,00
Jurnal penyesuaian tanggal 31 Desember 2006 sebagai berikut
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOUgrdpzlO-WKKkPy5rYEe0EqKhwwEkm2N4KbAA2Cf6Ofn8uarH6ykHwKGgZf88JV3Eo8oJE00ZuPM4Z2TLtvpiUyvIPuaQSF0740OZIqWO5EsTzU8L__dECLRTmkT6SbC83wBKnFXTGtn/s1600/7n.JPG
Jadi, pendapatan yang menjadi hak perusahaan adalah 4 bulan, sedangkan yang 8 bulan merupakan pendapatan untuk tahun berikutnya.

2)      Saat Penerimaan Pendapatan Dicatat sebagai Pendapatan

Jika, penerimaan pendapatan dicatat sebagai pendapatan sewa maka akun yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut ialah akun “pendapatan sewa”. Berdasarkan contoh di atas, maka pada saat terjadi transaksi penerimaan pendapatan dengan jurnal sebagai berikut.


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinIAYtGHkCtJEuIDFOcD5EOhJ_vBcmSBh0YfCwwXUb8-cAP9gRJSCAqJNA4Oreul3hMNroJzhSmBEbKqsK9lR3odRAkXgMzXIbWeubqxbOGS-PS2M4LOesljbRI0mlpKxfYXwVpKyeUpQs/s1600/7o.JPG


Pada akhir periode diperlukan jurnal penyesuaian untuk mencatat pendapatan yang belum menjadi hak perusahaan, yaitu 8 bulan.


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhM2vXNJfwlG3CeFuRfbDiqmJtXWYeXakEej-DES37KNg2T3dGVlBPl6vDBUgBwQaXRRDf3Z1Q3Ws-AOQr6gbn_RGKfR7QEUhp5fiWsgoumZeNTZSbsO5WCsut7ZpfTLXwKSMheFICR1ot1/s1600/7p.JPG


Berdasarkan garis waktu tersebut, pendapatan yang belum menjadi hak perusahaan yaitu 8 bulan. Pendapatan yang belum menjadi hak perusahaan ialah =
8/12 × Rp36.000.000,00 = Rp24.000.000,00.
Jurnal penyesuaian tanggal 31 Des 2006 adalah sebagai berikut:


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioaO1iQB3uLHYOKxrgcVUSalMS-kSJNDndMC7JCe3bKZKVSz7g10y6-MBV86mH_2ghK9AGK0phKZmoAUUPV6ip6OaKZgSbgGFcwGNgEJa2L8r-IjYEdournGSWQMeuwIzqYN3AqSYF5tJn/s1600/7q.JPG


Jurnal penyesuaian selain berguna untuk menunjukkan data keuangan yang sebenarnya, berguna juga untuk memperbaiki kesalahan pencatatan. Perbaikan kesalahan cukup dilakukan pada saat menjurnal dan ditemukan sebelum posting. Jika kesalahan tersebut ditemukan setelah posting maka perbaikannya harus dilakukan dengan cara posting ulang.

Ada dua langkah pokok untuk memperbaiki kesalahan pencatatan, yaitu sebagai berikut.
1. Mencatat kebaikan dari jurnal yang salah
2. Mencatat kembali jurnal yang benar
Kedua langkah di atas dilakukan melalui jurnal penyesuaian.

Beberapa bentuk kesalahan yang mungkin terjadi, yaitu salah akun, salah jumlah, salah letak, dan kesalahan gabungan.

Contoh:
Pada tanggal 13 Juli 2006 dibeli secara kredit berbagai perlengkapan kantor seharga Rp3.000.000,00. Jurnal saat terjadi transaksi adalah


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGnkwZdrMjV4xnJeiTCD2qiRMms0E9dFS3r29q7IZvSy3QDiFS25Apu40rzXUk1yIKjBleUtrxsYLmyj-syHwVJi2l7PzidlFktWmmAQy8_gm_OGd-8XB0ykDaIzRtissAo5I_9EfCrMNz/s1600/7r.JPG


Setelah akan diposting ke buku besar, diketahui jurnal tersebut salah akun. Langkah pertama penyesuaian adalah dengan menghapus jurnal yang salah.


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2P3fEolznXyM6rrCvU-kQ_iY6IIAHXk45QoUV8xRFXDfvDMYo6yH3Qq5t7QBh-iUyO04PQMai5Vr2PJUTcMJ-DfMekZxj3ar0V3V7cVGh8r1Ixisl6_49IFpu0p69ibN83Ws_VicT9ZH9/s1600/7s.JPG


Setelah langkah pertama selesai, kemudian dibuat jurnal yang benar, yaitu sebagai berikut.


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq4OaKX2uWg88JxERpU1wYNPWBjTNeUw-h11iKySsk4D0vRvUj_FlhEUOtY-K0e7WEpb-4c_d-z0ldf_rTWHtnSXKl75_KMpUW_g8KW79R4sksVj0LUQI9Ixnx4Bx_LyUsssdnBXEeK9LL/s1600/7t.JPG


Kesalahan pada contoh di atas adalah kesalahan pencatatan nama akun. Pembelian perlengkapan harus dimasukkan pada akun perlengkapan bukan pada akun peralatan. Dalam kajian akuntansi keduanya memiliki perbedaan. Perlengkapan merupakan aktiva lancar sedangkan peralatan merupakan aktiva tetap.

F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G.  Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.


H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti
I.     Langkah langkah Pembelajaran
Pertemuan 55
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan transaksi jurnal penyesuaian secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transaksi jurnal penyesuaian
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
15 menit

Pertemuan 56
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu transaksi jurnal penyesuaian
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transaksi jurnal penyesuaian
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 57
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan transaksi jurnal penyesuaian secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transaksi jurnal penyesuaian
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
15 menit

Pertemuan 58
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu transaksi jurnal penyesuaian
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transaksi jurnal penyesuaian
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit



Pertemuan 59
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan transaksi jurnal penyesuaian secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transaksi jurnal penyesuaian
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
15 menit

Pertemuan 60
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu transaksi jurnal penyesuaian
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transaksi jurnal penyesuaian
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 61
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan transaksi jurnal penyesuaian secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transaksi jurnal penyesuaian
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
15 menit

Pertemuan 62
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu transaksi jurnal penyesuaian
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan transaksi jurnal penyesuaian
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transaksi jurnal penyesuaian
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transaksi jurnal penyesuaian
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit


J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
a.       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
b.      Penggunaan ungkapan
c.       Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
d.      sikap
Membaca Pemahaman:
a.        Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
Membaca nyaring:
a.      Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
b.      Sikap
Menulis
a.       Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
b.      Ejaan, tanda baca, tulisan tangan materi tahapan siklus akuntansi

Cara penilaian:
a.       Tes lisan/tertulis
b.      Observasi kelas
c.       Portofolio.











Contoh Rubrik Penilaian

Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: X Akuntansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Content ( isi pembelajaran )
2.
Fluency ( Kefasihan )
3.
Language ( Bahasa )
a. Pronunciation and intonation ( Cara pengucapan dan intonasi )
b. Grammar ( tata bahasa )
c. Vocabulary (kosa Kata )
4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Jumlah
Skor Maksimum
20
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten

Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.


Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam, 16 September 2017
Guru Mapel AKUNTANSI


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464





5 komentar: