Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok      : Pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 5 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.1 Memahami pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
2.    KD pada KI keterampilan
4.1 Mengelompokkan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi sesuai perannya
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.1.1 Membaca pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
3.1.2 melaporkan peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.1.1 Menyalin pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
4.1.2 Menerapkan tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Menyebutkan pengertian akuntansi
2.      Mengetahui tujuan akuntansi
3.      Mempelajari peran akuntansi
4.      Melaporkan pihak pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
E.  Materi Pembelajaran

Pengertian Akuntansi
Akuntansi adalah suatu proses pencatatan, peng-identifikasian, penggolongan atau pengklasifikasian, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi, perusahaan atau entitas.
Definisi akuntansi dari sudut pemakai
Akuntansi sangat umum didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang menyajikan suatu informasi yang diperlukan dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan ekonomi secara efisien. Dari akuntansi ini, Informasi yang dihasilkan akan diperlukan untuk.
Membuat perencanaan, pengawasan yang efektif, dan pengambilan sebuah keputusan ekonomi oleh manajemen.
Pertanggung jawaban manajemen entitas bisnis kepada investor atau pemilik, kreditor, pemerintah dan pihak-pihak yang membutuhkan.
 Tujuan akuntansi
Tujuannya menyediakan informasi yang berkaitan dengan beberapa aspek diantaranya: Posisi keuangan, kinerja dan posisi keuangan suatu entitas yang bermanfaat bagi pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Tujuan dari akuntansi juga membantu pemilik dan calon pemilik perusahaan mengetahui posisi keuangan perusahaan dan prospek perusahaan di masa datang.
Peran Akuntansi
Peranan akuntansi dalam bidang bisnis terdiri dari, pengendalian keuangan, operasi perusahaan, pelaporan dan perencanaan.
Fungsi Akuntansi
Fungsi utama akuntansi ialah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi berserta perubahan yang terjadi di dalamnya.  Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang, karena informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh manager atau manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.
Pihak – pihak yang berkepentingan dengan informasi akuntansi
Pihak Internal
Para pemilik dan calon pemilik perusahaan
·            a. Para pengelola perusahaan :
Pengelola perusahaan adalah para manajer serta jajaran direksi. Bagi pengelola perusahaan akuntansi digunakan untuk berbagai tujuan, diantaranya: Informasi bagi manajemen sebagai bahan analisa dan interpretasi dalam melakukan evaluasi atas kegiatan dan pencapaian hasil yang direncanakan perusahaan.

b. Para pegawai atau karyawan perusahaan :
Pegawai dan karyawan perusahaan sangat berkepentingan untuk mendapatkan informasi akuntansi karena mereka wajib mengetahui keuangan perusahaan, hal ini berkaitan dengan hak-hak pegawai dalam bidang penggajian, gratifikasi ataupun bonus ( jasa produksi ) serta perangsang social lainnya dari perusahaan untuk tujuan kesejahteraan perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan pengabdian pegawai pada perusahaan

Pihak Eksternal
a.   Para Investor :
Para investor sangat berkepentingan dalam informasi akuntansi karena investor adalah mitra perusahaan yang menanamkan modalnya di perusahaan tersebut, jelas membutuhkan karena dia berhak mengetahui keadaan perusaahan tersebut apakah dia aman menanamkan modalnya di perusahaan tersebut atau tidak.
·            b. Para kreditor :
Kreditor seperti bank pembeli kredit sangat memerlukan laporan keuangan perusahaan yang akan diberikan kredit untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan keputusan penetapan pembelian kredit.
·            c. Pemerintah :
Pemerintah sangat berkepentingan dalam menilai maju mundurnya suatu perusahaan yang ada di negaranya dan menentukan pajak perusahaan.
·            d. Rekanan Perusahaan :
Maksudnya ialah perusahaan-perusahaan lain yang diajak kerja sama dalam suatu kegiatan atau proyek-proyek pekerjaan tertentu yang sifatnya bekerja sama untuk saling mendukung dalam penyelesaian kegiatan yang dianggap bersama.
·             e. Masyarakat :
Masyarakat membutukan informasi akuntansi karena barang kali ada lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.


F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G. Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.

H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti







I.     Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pengertian akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan tujuan akuntansi

Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan pengertian akuntansi secara lisan maupun tulisan.
  • Menafsirkan tujuan akuntansi secara terperinci dan bias diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Konfirmasi
  • Guru menegaskan pengertian dan tujuan akuntansi berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali pengertian dan tujuan akuntansi secara detail.
10 menit



Pertemuan 2
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai pengertian akuntansi dan peranan akuntansi.
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai peranan akuntansi.
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan pihak pihak yang memerlukan informasi akuntansi.
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai peranan akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pihak pihak yang membutuhkan akauntansi atau bagian yang belum dimengerti.
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit


J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
a.       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
b.      Penggunaan ungkapan
c.       Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
d.      sikap
Membaca Pemahaman:
a.        Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
Membaca nyaring:
a.      Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
b.      Sikap
Menulis
a.       Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
b.      Ejaan, tanda baca, tulisan tangan materi bidang bidang spesialisasi akuntansi dan pentingnya etika profesi

Cara penilaian:
a.       Tes lisan/tertulis
b.      Observasi kelas
c.       Portofolio.


Contoh Rubrik Penilaian

Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: X Akuntansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Content ( isi pembelajaran )
2.
Fluency ( Kefasihan )
3.
Language ( Bahasa )
a. Pronunciation and intonation ( Cara pengucapan dan intonasi )
b. Grammar ( tata bahasa )
c. Vocabulary (kosa Kata )
4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Jumlah
Skor Maksimum
20

Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten

Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.



Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam,   Juli 2017
Guru Mapel Akuntansi


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464

.



1 komentar:

  1. maaf pak sebelumnya, saya mau tanya. apa rpp akuntasi keuangan kelas xi apa ada ?

    BalasHapus