Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok         : Tahapan siklus akuntansi
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 20 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.9 Menerapkan posting
2.    KD pada KI keterampilan
4.9 Melakukan posting

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.9.1 Menelaah Bentuk kolom posting
3.9.2 Menfokuskan kode kode akun
3.9.3 Menafsirkan posting
3.9.4 Mengidentifikasikan melakukan posting ke buku besar

2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.9.1 Menerapkan bentuk kolom posting
4.9.2 Mematuhi kode kode akun
4.9.3 Menyalin posting
4.9.4 Menerapkan postin kebuku besar




D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Menjelaskan bentuk kolom posting
2.      Menjelaskan kode kode akun
3.      Mempelajari cara melakukan posting transaksi

E.  Materi Pembelajaran

Melakukan Posting dari Jurnal ke Buku Besar - Buku besar (ledger) adalah kumpulan perkiraan yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan yang lengkap. Perkiraan-perkiraan tersebut ada yang berbentuk skontro, perkiraan berlajur tunggal untuk saldo, perkiraan berlajur rangkap untuk saldo, dan perkiraan bentuk T (T account).
Bentuk setiap perkiraan tersebut, yaitu sebagai berikut.
1. Perkiraan Bentuk Dua Kolom
Description: Perkiraan Bentuk Dua Kolom
2. Perkiraan Berlajur Tunggal untuk Saldo
Description: Perkiraan Berlajur Tunggal untuk Saldo
3. Perkiraan Berlajur Rangkap untuk Saldo
Description: Perkiraan Berlajur Rangkap untuk Saldo
4. Perkiraan Bentuk T (T Account)
Description: Perkiraan Bentuk T (T Account)
Keterangan:
Lajur tanggal pada perkiraan tersebut diisi dengan tanggal terjadinya transaksi.
Lajur keterangan, hanya digunakan untuk menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi.
Lajur ref. (referensi) diisi dengan nomor halaman jurnal sebagai sumber pembukuan.
Lajur debet diisi dengan jumlah yang harus dibukukan pada sisi kiri atau sisi debet.
Lajur kredit diisi dengan jumlah yang harus dibukukan pada sisi kanan atau sisi kredit.
Lajur saldo diisi dengan jumlah saldo dari perkiraan yang bersangkutan.

Pemindahbukuan pos-pos jurnal ke dalam perkiraan-perkiraan yang bersangkutan di dalam buku besar disebut posting. Pemindahbukuan tersebut dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Catat tanggal yang tercantum di dalam jurnal ke dalam lajur tanggal perkiraan yang bersangkutan pada buku besar.
2. Catat jumlah debet pada jurnal ke dalam lajur debet perkiraan yang bersangkutan pada buku besar. Demikian juga, catat jumlah yang harus di kredit ke dalam lajur kredit perkiraan yang bersangkutan pada buku besar.
3. Catat nomor halaman jurnal ke dalam lajur ref (referensi) pada perkiraan yang bersangkutan di buku besar.
4. Catat nomor perkiraan ke dalam lajur ref (referensi) di dalam jurnal. Proses pemindahbukuan pos-pos jurnal ke dalam perkiraan-perkiraan buku besar dapat digambarkan sebagai berikut.
1
Aktiva
10
Aktiva lancar
101
Kas
102
103
Piutang usaha
Perlengkapan salon
11
111
Aktiva tetap
Peralatan salon
122
Akumulasi penyusutan peralatan salon
113
114
115
Gedung
Akumulasi penyusutan gedung
Kendaraan
116
2
20
201
202
203
Akumulasi penyusutan kendaraan
Kewajiban
Kewajiban jangka pendek
Utang usaha
Utang gaji
Utang bunga
21
211
212
Kewajiban jangka panjang
Utang bank
Utang hipotek
3
Modal
30
301
Modal pemilik
Modal Nona Amalia
31
311
Pengambilan pemilik
Pengambilan pribadi/prive Nona Amalia
4
40
401
Pendapatan
Pendapatan usaha
Pendapatan salon
41
411
Pendapatan di luar usaha
Pendapatan bunga
5
Beban
50
Beban usaha
501
502
Beban gaji
Beban iklan
503
Beban listrik
504
Beban telepon
51
Beban di luar usaha
511
Beban bunga

2. Penomoran Secara Desimal
Nomor perkiraan secara desimal dibuat berdasarkan kelompok tertentu dengan menggunakan nomor 0 sampai 9. Nomor perkiraan secara desimal dibuat berdasarkan banyaknya perkiraan, misalnya dua desimal, tiga desimal, atau empat desimal.
Langkah pertama dalam membuat nomor perkiraan secara desimal, yaitu membagi perkiraan menjadi beberapa kelompok seperti berikut.
Kelompok 1: perkiraan aktiva lancar
Kelompok 2: perkiraan aktiva tetap
Kelompok 3: perkiraan utang jangka pendek
Kelompok 4: perkiraan utang jangka panjang
Kelompok 5: perkiraan modal
Kelompok 6: perkiraan pendapatan
Kelompok 7: perkiraan beban
Kelompok tersebut dibagi lagi menjadi beberapa golongan. Misalnya, kelompok perkiraan aktiva dibagi menjadi beberapa golongan sebagai berikut.
10 kas
11 piutang usaha
12 perlengkapan
Selanjutnya, golongan tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Misalnya, golongan piutang usaha dan perlengkapan dibagi menjadi seperti berikut.
111 piutang usaha
112 sewa dibayar di muka/piutang sewa
113 wesel tagih/piutang wesel
121 perlengkapan toko
122 perlengkapan kantor
Jika jumlah perkiraan tidak cukup dibuat dalam tiga desimal, nomor perkiraan dapat dibuat dalam empat desimal. Misalnya, kas diberi nomor 1011, piutang usaha 1101, piutang bunga 1102, piutang sewa 1103, piutang wesel 1104, perlengkapan toko 1201, dan perlengkapan kantor 1202.
F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G. Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.

H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti
I.     Langkah langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu cara cara memposting
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·        Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya cara cara memposting

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai cara cara memposting
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya cara cara memposting atau bagian yang belum dimengerti.
110 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 2
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai cara memposting
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan cara memposting

Elaborasi
Peserta didik m cara memposting elakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan cara cara memposting lisan maupun tulisan.
·         Menafsirkan secara terperinci cara memposting
 dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman cara memposting berdasarkan hasil latihan peserta didik

30 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali cara cara melakukan posting jurnal secara detail.
5 menit

Pertemuan 3
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu cara cara memposting
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·        Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya cara cara memposting

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai cara cara memposting
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya cara cara memposting atau bagian yang belum dimengerti.
110 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 4
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai cara memposting
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan cara memposting

Elaborasi
Peserta didik m cara memposting elakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan cara cara memposting lisan maupun tulisan.
·         Menafsirkan secara terperinci cara memposting
 dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman cara memposting berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali cara cara melakukan posting jurnal secara detail.
10 menit




J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam,  Januari 2018
Guru Mapel AKUNTANSI


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464



Tidak ada komentar:

Posting Komentar