Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok         : Persamaan dasar akuntansi
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 20 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.6 Menerapkan persamaan dasar akuntansi
2.    KD pada KI keterampilan
4.6 Membuat persamaan dasar akuntansi

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.6.1 Menggolongkan  persamaan dasar akuntansi
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.6.1 Menjabarkan persamaan dasar akuntansi

D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Mempelajari persamaan dasar akuntansi





E.  Materi Pembelajaran
Persamaan Dasar Akuntansi
Pengertian persamaan dasar akuntansi adalah hubungan dari harta, hutang, dan modal yang sudah di miliki oleh perusahaan. Persamaan dari dasar akuntansi akan di gunakan sebagai dasar dari pencatatan sistem akuntansi, jadi setiap transaksi akuntansi yang terjadi pada perusahaan harus di catat pada dua aspek. Transaksi yang akan merubah aktiva akan di imbangi oleh perusahaan pada kewajibannya. (Baca juga : Pengertian Hutang Lancar)
Pengertian persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan dari dua sisi yaitu antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva), sehingga perubahan yang timbul karena adanya transaksi keuangan dan keseimbangannya akan selalu di pertahankan. (Baca juga : Pengertian Kas Kecil)
Persamaan Akuntansi
Hutang + Modal = Aktiva
Persamaan Dasar Akuntansi dan Elemen Dasar Posisi Keuangan
Setiap perusahaan pasti memiliki posisi dan kondisi keuangan yang berbeda-beda, di dalam akuntansi sudah sangat umum dengan sebutan “Neraca”, dalam neraca bisa sering di tunjukkan dengan sebuah formula atau rumus yang sering di sebut dengan Persamaan Dasar Akuntansi. Rumus dasar ini salah satu rumus yang memiliki hubungan yang saling berkaitan antara : Aset (Aktiva) dengan Kewajiban atau Hutang (Liability) dan Modal (Capital).
Ø  Aset (Aktiva) : adalah kekayaan yang di miliki oleh perusahaan yang ditunjukan dengan nilai uang tertentu. Contoh dari aset atau aktiva yaitu : Cash (Kas), Inventory (Persediaan), Building (Gedung), dan Equipment (Peralatan). (Baca juga : Pengertian Akuntansi Keuangan)
Ø  Kewajiban (Liability) : adalah jumlah hutang yang di miliki oleh perusahaan kepada pihak luar. Contoh nya : Surat hutang, hutang, hutang obligasi.(Baca juga : Pengertian Jurnal Penerimaan Kas )
Ø  Modal : adalah kepentingan investor atau pemilik dalam sebuah perusahaan yang memiliki tujuan dengan memberikan atau menyetorkan uang atau dari bentuk kekayaan yang lainnya. Modal ini biasanya disebut dengan Ekuitas pemilik (Owner Equity). (Baca juga : Pengertian Akuntansi)
Dari ketiga elemen yang sudah di jelaskan diatas maka ada kaitannya satu dengan yang lain di dalam sebuah hubungan akuntansi yang di sebut dengan Persamaan Akuntansi. Persamaan akuntansi juga menyatakan bahwa kesamaan aset di satu sisi dengan klaim para kreditor dan pemilik perusahaan (Owner)  pada sisi yang lainnya. Sehingga bisa di rumus kan menjadi :
Liabilities + Owner Equity = Aktiva
atau
Kewajiban (Hutang) + Ekuitas Pemilik (Modal) = Aktiva
Point yang harus diketauhi dalam persamaan akuntansi : Aktiva = Kewajiban + Ekuitas Pemilik harus seimbang dengan jumlahnya pada setiap transaksi yang terjadi.
Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi
Dibawah ini akan dijelaskan unsur unsur persamaan dasar akuntansi yang perlu kita ketahui :
Ø  Aset (Aktiva) : adalah sumber daya yang sudah dikuasai oleh pihak perusahaan sebagai akobat dari sebuah peristiwa yang terjadi di masalalu dan di masa depan akan memanfaatkan ekonomi dari sumber haraoan yang akan di peroleh perusahaan. (Baca juga : Unsur Unsur Laporan Keuangan)
Ø  Hutang (Kewajiban) : adalah tanggung jawab perusahaan yang akan terjadi pada saat ini dan yang timbul dari sebuah peristiwa di masa lalu, dan proses penyelesaiannya akan membutuhkan sumber daya perusahaan. (Baca juga : Sistem Pencatatan Kas Kecil )
Ø  Ekuitas (Modal) : adalah sisa dari kepentingan yang ada di dalam aktiva yang sudah sesuai dengan perusahaat setelah di kurangi dengan kewajiban. (Baca juga : Transaksi Bisnis Perusahaan)
Ø  Pendapatan (Revenue) : adalahaliran yang masuk atau peningkatan lain atas aktiva atau penurunan dari kewajiban perusahaan sebagai akibat yang terjadi dari aktivitas penyerahan, penjualan dan pembuatan barag, jasa atau aktivitas yang lainnya dan yang juga merupakan kegiatan utama yang secara terus menerus di lakukan oleh perusahaan. (Baca juga : Prosedur Pengelolaan Dana Kas Kecil)
Ø  Beban (Expenses) : adalah arus keluar atau penggunaan lain dari aktiva atau penungkatan kewajiban karena ada penyerahan atau pembuatan barang, jasa atu juga melakukan aktivitas lain yang juga merupakan kegiatan utama yang di lakukan secara terus menerus oleh perusahaan. (Baca juga : Tujuan Akuntansi Biaya).
Ø  Prive (Drawing) : adalah pengambilan aset dari perusahaan yang di lakukan oleh pemilik nya yang akan di gunakan untuk kepentingan pribadinya. (Baca juga : Pengelolaan Kas Kecil)
Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi
1. Keseimbangan Harta dan Modal
Harta adalah kekayaan yang dimiliki oleh sebuah oerusahaan dan merupakan salah satu sumber untuk pembelanjaan dan untuk melakukan kegiatan kelancaran usahanya. Oleh sebab itu, harta juga harus seimbang sengan modal atau sumber pembelanjaan. Sumber pembelanjaan yang didapatkan dari pemilik nya yang disebut dengan ekuitas atau modal.
Harta = Modal
2. Hutang ditambah Modal sama dengan Hutang
Harta yang di miliki oleh perusahaan adalah harta yang akan di gunakan sebagai sumber pembelanjaan dalam kegiatan yang di peroleh dengan melalui dua sumber yaitu, Pemilik dan Kreditur. Sumber yang di gunakan untuk pembelanjaan dari pemilik sering di sebut dengan ekuitas. Dan sedangkkan sumber pembelanjaan yang sudah di peroleh dari pihak kreditur kepada pemilk akan menjadi suatu kewajiban yang akan di kembalikan, hal ini sering di sebut sebagai kewajiban atau hutang. Sehingga pada unsur ini didapat rumus atau persamaannya yaitu :
Harta = Hutang + Modal
Dalam operasi sebuah usaha sudah jelas ada kemungkinan pendapatan dan beban. Pendapat adalah kenaikan harta yang akan di peroleh dari hasil penjualan sebuah barang atau jasa. Sedangkan beban adalah penurunan harta, karena merupakan salah satu pengorbanan yang akan memperoleh pendapatan. Pendapatan juga memiliki sifat untuk menambah modal, sedangkan beban akan memiliki sifat mengurangi modal. Sehingga dengan demikian pendapatan dan beban yang ada akan mempengaruhi keadaan modal dalam persamaan dasar akuntansi, dicatat dalam komponen modal. Akan tetapi, untuk mengembangkan akuntansi maka pencatatan pendapatan dan beban bisa di pisahkan dari midal. Sehingga bentuk persamaannya bisa di rumuskan sebagai berikut :
Harta = Utang + Modal + Pendapatan – Beban
Persamaan dasar akuntansi sangat berguna untuk mengetahui tentang perubahan dari kekayaan dalam perusahaan di setiap transaksi yang terjadi. Selain itu fungsi dari persamaan dasar akuntansi adalah untuk mengetahui beberapa aktiva yang sudah di gunakan dan di belanjakan dalam satu periode akuntansi.
Analisis dari pengaruh transaksi ke persamaan dasar akuntansi di setiap transaksi yang terjadi maka akan mempengaruhi posisi dari keuangan perusahaan. Pengaruh yang terjadi pada transaksi tersebut dapat menambah dan juga dapat mengurangi komponen keuangan pada perusahaan yaitu : Harta, hutang, dan modal. Perubahan pada komponen posisi keuangan ini pada persamaan dasar akuntansi juga dapat di kelompokkan sebagai berikut :
Pada setiap transaksi yang dapat mempengaruhi harta, yang terjadi akibat dari perubahan harta yang sudah diikuti dengan suatu perubahan harta dari yang lain tetapi dengan jumlah yang sama.
Semua transaksi bisa mempengaruhi harta dan hutang dengan jumlah yang sama.
Semua transaksi bisa mempengaruhi harta dan modal dengan jumlah yang sama.
Semua transaksi bisa mempengaruhi harta dengan perubahan hutang dan modal dengan jumlah yang sama.
Pencatatan Transaksi ke dalam Persamaan Dasar Akuntansi
Dari setiap transaksi keuangan yang terjadi maka pada dasarnya akibat dari perubahan pada posisi keuangan perusahaan juga, akan tetapi tidak mempengaruhi keseimbangan persamaan dari dasar akuntansi. Sudah di jelaskan juga bahwa di dalam akuntansi terjadi suatu transaksi akan di catat dengan sistem pencatatan ganda yang bisa di artikan bahwa transaksi yang di catat pada dua aspek akan mempengaruhinya. Catatan perubahan pada aspek yang satu akan di imbangi dengan catatan perubahan pada aspek yang lain nya juga. Oleh sebab itu catatan perubahan pada unsur aktiva, kewajiban dan ekuitas tidak akan mempengaruhi keseimbangan dari persamaan dasar akuntansi.
Untuk lebih jelas nya maka perhatikan contoh dari transaksi – transaksi yang terjadi di perusahaan bengkel Maju Makmur selama bulan  januari 2017 sebagai berikut ini :
Transaksi 1 (T1)
Perusahaan bengkel Maju Makmur telah menerima uang tunai dari Putra (sebagai pemilik) sebesar Rp. 100.000.000,00 untuk di gunakan sebagai modal.
Analisa Transaksi :
Bagi perusahaan bengkel Maju Makmur maka aktiva perusahaan akan bertambah sebesar Rp. 100.000.000,00 dan akan menimbulkan hak Putra (pemilik perusahaan) atas aktiva perusahaan yang sudah berbentuk investasi sebesar Rp. 100.000.000,00. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 2 (T2)
Bengkel Maju Makmur membeli peralatan bengkel nya dengan cara kredit di bank dengan jumlah Rp. 50.000.000,00.
Analisa Transaksi :
Di satu sisi bisa mengakibatkan penambahan pada aktiva dalam bentuk peralatan bengkel dan di sisi lain bisa mengakibatkan terjadinya hutang dengan  nominal Rp. 50.000.000,00. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 3 (T3)
Bengkel Maju Makmur membeli perlengkapan kecil untuk bengkel nya seperti mur, baut,  oli, dan lain sebagainya dengan nominal uang yang harus di bayar yaitu Rp. 5.000.000,00 dan di bayar dengan tunai.
Analisa Transaksi :
Pada satu sisi aktiva akan bertambah dengan keterangan perlengkapan dan seharga Rp. 5.000.000,00 dan di sisi lain aktiva kas akan berkurang sebesar dana yang kita gunakan yaitu Rp. 5.000.000. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 4 (t4)
Untuk hasil pekerjaan yang telah di kerjakan oleh karyawan nya dan akan menerimal pembayaran sebesar Rp. 10.000.000,00.
Analisa Transaksi :
Transaksi ini akan membuat aktiva kas bertambah sebesar Rp. 10.000.000,00 dan dengan adanya pertambahan penghasilan maka modal bengkel ini akan bertambah sebesar Rp. 10.000.000,00. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 5 (T5)
Bengkel memberikan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan dengan harga Rp. 1.000.000,00 dan baru menerima pembayaran sebesar Rp. 500.000,00 dan kekurangannya ada di bayar di kemudan hari.
Analisa transaksi :
Transaksi ke 5 ini akan menimbulkan kas bertambah sebesar Rp. 500.000 dan juga akan menimbulkan tagihan sebesar Rp. 500.000,00. Sehingga pada sisi lain akan menambahkan penghasilan sehingga mengakibatkan ekuitas bertambah. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 6 (T6)
Bengkel akan membayar kewajibannya yaitu beban gaji karyawan sebanyak Rp. 3.000.000,00 dan juga beban sewa sebesar Rp. 1.000.000,00.
Analisa Transaksi :
Transaksi ke 6 ini akan mengurangi kas sebanyak Rp. 4.000.000,00 dan beban akan berkurang sehingga modal juga akan berkurang. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 7 (T7)
Bengkel memberikan cek sebesar Rp. 25.000.000,00 untuk membayar sebagian utang atas pembelian peralatan dan baru akan di bayar sebagian.
Analisa Transaksi :
Pengaruh transaksi di atas bisa menimbulkan kas berkurang dan hutang juga akan berkurang sebesar 25.000.000. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 8 (T8)
Pada akhir bulan januari 2017 akan diadakan pemeriksaan dan juga perhitungan terhadap sisa dari perlengkapan yang ada di bengkel. Terdapat sisa perlengkapan bengkel dengan jumlah Rp. 2.000.000,00.
Analisa Transaksi :
Saldo perlengkapan dari persamaan dasar akuntansi data di atas sebesar Rp. 5.000.000,00 – Rp. 2.000.000,00 = Rp. 3.000.000,00.  Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Transaksi 9 (T9)
Pemilik bengkel mengambil dana dari kas yang sudah masuk di bnegkel untuk keperluan pribadi nya sebesar Rp. 5.000.000,00.
Analisa Transaksi :
Pengambilan aktiva perusahaan yang di gunakan untuk keperluan pribadi pemilik  bisa di sebut dengan prive pemilik (drawing). Pengaruh ini akan mengurangi kas pada aktiva dan modal sebesar Rp. 5.000.000,00. Perubahan ini akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.
Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian persamaan dasar akuntansi, dan sudah dilengkapi dengan penjelasan tentang unsur – unsur persamaan dasar akuntansi, bentuk-bentuk persamaan dasar akuntansi, fungsi persamaan dasar akuntansi dan juga sudah di lengkapi dengan contoh dan cara penyelesaiannya secara terperinci. Sehingga akan memudahkan anda semua untuk memahami tentang persamaan dasar akuntansi dan mengetahui bagaimana cara mengerjakan nya.








F.   Model dan Metode :
1. Metode Model Inquiry Learning

G. Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.

H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti
I.     Langkah langkah Pembelajaran

Pertemuan 19
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan persamaan dasar akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan secara persamaan dasar akuntansi lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman persamaan dasar akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali persamaan dasar akuntansi
     secara detail.
15 menit

Pertemuan 20
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 21
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi


Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 22
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 23
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi


Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 24
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit


Pertemuan 25
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan persamaan dasar akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan secara persamaan dasar akuntansi lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman persamaan dasar akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali persamaan dasar akuntansi
     secara detail.
15 menit

Pertemuan 26
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 27
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi


Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 28
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 29
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi


Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 30
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 31
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi


Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 32
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu persamaan dasar akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pentingnya persamaan dasar akuntansi

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi pentingnya persamaan dasar akuntansi atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit


J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
a.       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
b.      Penggunaan ungkapan
c.       Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
d.      sikap

Membaca Pemahaman:
a.        Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks

Membaca nyaring:
a.      Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
b.      Sikap

Menulis
a.       Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
b.      Ejaan, tanda baca, tulisan tangan materi persamaan dasar akuntansi

Cara penilaian:
a.       Tes lisan/tertulis
b.      Observasi kelas
c.       Portofolio.

Contoh Rubrik Penilaian

Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: X Akuntansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Content ( isi pembelajaran )
2.
Fluency ( Kefasihan )
3.
Language ( Bahasa )
a. Pronunciation and intonation ( Cara pengucapan dan intonasi )
b. Grammar ( tata bahasa )
c. Vocabulary (kosa Kata )
4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Jumlah
Skor Maksimum
20

Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten






Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam, 16 September 2017
Guru Mapel AKUNTANSI


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464





1 komentar:

  1. bisa tolong minta filenya..
    ini gmail saya kakakadi91@gmail.com
    thanks

    BalasHapus