Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok         : Tahapan siklus akuntansi
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 20 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.5 Memahami tahapan siklus akuntansi
2.    KD pada KI keterampilan
4.5 Mengelompokkan tahapan siklus akuntansi

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.5.1 Menggolongkan  tahapan siklus akuntansi
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.5.1 Menerapkan tahapan siklus akuntansi

D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Mempelajari tahapan siklus akuntansi





E.  Materi Pembelajaran

Tahapan Proses Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi dapat dikelompokkan dalam beberapa tahap antara lain;
1. Tahap Pencatatan Bukti Transaksi Keuangan;
Suatu proses mengumpulkan dan mencatat bukti atas suatu transaksi yang telah disetujui oleh perusahaan dan disusun ke dalam buku harian atau Jurnal Umum, memindahbukukan atau posting dari jurnal umum berdasarkan kelompok akun atau Chart of Account atau jenisnya ke dalam akun Buku Besar dan Buku Pembantu (Sub Ledger).

2. Tahap Membuat Ikhtisar Laporan Keuangan;
Penyusunan neraca saldo (Trial Balance) berdasarkan data dari akun akun buku besar. Pembuatan ayat jurnal penyesuaian (Adjustment Entries). Penyusunan Lembar Kertas Kerja (Work Sheets) atau neraca lajur. Pembuatan ayat Jurnal penutup (Closing Entries).

3. Tahap Membuat Laporan Keuangan atau Financial Statements
Laporan Keuangan perusahaan terdiri dari:
a. Laporan Neraca (Balance Sheets)
Neraca adalah suatu ihtisar laporan keuangan yang menunjukkan posisi Aktiva atau Assets, Hutang atau Liabilities, dan Modal atau Equity
b. Laporan Rugi Laba (Income Statements)
Laporan Rugi Laba adalah laporan keuangan dari suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode tertentu yang terdiri dari seluruh pendapatan dan beban sehingga menghasilkan nilai laba atau rugi.
c. Laporan Perubahan Modal (Equity Statements)
Laporan Perubahan Modal adalah suatu ihtisar dari laporan keuangan yang mencatat informasi mengenai perubahan modal, yang terdiri dari jumlah Modal disetor awal (Capital Stock), tambahan modal disetor (Paid-in Capital), Saldo Laba Periode Berjalan (Current Earning), dan Saldo Laba Ditahan (Reatained Earning)
d. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statements)
Laporan Arus Kas adalah bagian dari laporan keuangan perusahaan yang dihasilkan dari suatu periode akuntansi yang terdiri dari aliran dana kas masuk dan keluar, yang biasanya dikelompokkan berdasarkan Arus Kas dari Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi, dan Aktivitas Pendanaan. 
e. Catatan atas Laporan Keuangan.
Catatan atas Laporan Keuangan adalah merupakan laporan tambahan catatan informasi yang lebih terperinci mengenai akun tertentu serta memberikan penilaian yang lebih komprehensif dari kondisi laporan keuangan perusahaan.

F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G.  Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.

H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti
I.     Langkah langkah Pembelajaran

Pertemuan 11
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan tahapan siklus akuntansi secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman tahapan siklus akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
15 menit

Pertemuan 12
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu tahapan siklus akuntansi
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi tahapan siklus akuntansi
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit




Pertemuan 13
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan tahapan siklus akuntansi secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman tahapan siklus akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
15 menit

Pertemuan 14
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan tahapan siklus akuntansi secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman tahapan siklus akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
10 menit

Pertemuan 15
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu tahapan siklus akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi tahapan siklus akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 16
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan tahapan siklus akuntansi secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman tahapan siklus akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
10 menit
Pertemuan 17
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu tahapan siklus akuntansi
15 menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi tahapan siklus akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 18
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai tahapan siklus akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan tahapan siklus akuntansi
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan tahapan siklus akuntansi secara lisan maupun tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman tahapan siklus akuntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali tahapan siklus akuntansi
detail.
10 menit

J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
a.       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
b.      Penggunaan ungkapan
c.       Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
d.      sikap
Membaca Pemahaman:
a.        Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
Membaca nyaring:
a.      Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
b.      Sikap
Menulis
a.       Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
b.      Ejaan, tanda baca, tulisan tangan materi tahapan siklus akuntansi

Cara penilaian:
a.       Tes lisan/tertulis
b.      Observasi kelas
c.       Portofolio.











Contoh Rubrik Penilaian

Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: X Akuntansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Content ( isi pembelajaran )
2.
Fluency ( Kefasihan )
3.
Language ( Bahasa )
a. Pronunciation and intonation ( Cara pengucapan dan intonasi )
b. Grammar ( tata bahasa )
c. Vocabulary (kosa Kata )
4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Jumlah
Skor Maksimum
20

Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten

Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.


Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam, juni  2017
Guru Mapel AKUNTANSI


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464





Tidak ada komentar:

Posting Komentar