Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok         : Asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 5 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.4 Memahami  asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
2.    KD pada KI keterampilan
4.4 Mengelompokkan asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.4.1 Menafsirkan asumsi dasar akuntansi
3.4.2 Menafsirkan konsep/prinsip prinsip dasar akuntansi
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.4.1 Menyalin asumsi dasar akuntansi
4.4.2 Menerapkan konsep/ prinsip prinsip dasar akuntansi
D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Mengetahui asumsi dasar akuntansi
2.      Mempelajari konsep/prinsip-prinsip dasar akuntansi





E.  Materi Pembelajaran
Ada beberapa asumsi dasar yang mendasari akuntansi yaitu: 
1. Kesatuan Usaha Khusus (Economic Entity) 

Konsep ini memandang bahwa perusahaan merupakan suatu unit usaha yang berdiri sendiri, yang terpisah dari pemiliknya sehingga seluruh transaksi-transaksi perusahaan dipisahkan dari transaksi-transaksi pemilik dan oleh karenanya semua pencatatan dan pelaporan dibuat untuk perusahaan tersebut. 

2. Kontinuitas Usaha (Going Concern) 

Asumsi ini beranggapan bahwa perusahaan akan hidup terus selamanya sehingga akan tersedia cukup waktu untuk menyelesaikan usaha dan perjanjian-perjanjian usahanya. 

3. Unit Moneter 

Transaksi suatu perusahaan dapat dilakukan pencatatannya dengan ukuran fisik, namun akan menimbulkan keterbatasan dalam pencatatan dan penyusunan laporan keuangan sehingga diperlukan suatu unit moneter. unit moneter tersebut berupa mata uang. 

4. Periode Waktu (Time Periode) 
Seperti halnya di Tujuan Kualitatif Laporan Keuangan maka laporan keuangan haruslah tepat waktu supaya bermanfaat bagi pemakai laporan. Biasanya di dalam time periode ini digunakan waktu 1(satu) tahun kalender supaya permasalahan dalam hal pengakuan dan pengalokasian ke dalam periode tertentu dapat di atasi.

B. Konsep Dasar

Konsep dasar yang melandasi akuntansi adalah:
1. Prinsip Biaya Historis (Historical Cost Principle) 
Prinsip ini menginginkan bahwa digunakannya harga perolehan dalam mencatat aktiva, utang, modal dan biaya. Harga perolehan merupakan harga pertukaran yang disetujui oleh pihak-pihak yang melakukan transaksi (harga saat terjadinya transaksi).

2. Prinsip Pengakuan Pendapatan (Revenue Recognition Principle)
Pendapatan merupakan aliran masuk aktiva yang timbul dari penyerahan barang atau jasa yang dilakukan oleh pihak-pihak yang melakukan transaksi pada suatu perode tertentu. Namun di dalam prinsip ini pendapatan diartiakan dalam istilah yang luas meliputi pendapatan sewa, pendapatan bunga, laba penjualan dan lain-lain.

3. Prinsip Mempertemukan (Matching Principle) 
Prinsip mempertemukan ini merupakan mempertemukan antara biaya dengan pendapatan yang timbul dari biaya yang dikeluarkan tersebut.

4. Prinsip Konsistensi (Consistency Principle)
Di dalam Tujuan Kualitatif Laporan Keuangan disebutka bahwa laporan harus mempunyai daya banding misalnya komparatif dengan tahun sebelumnya, maka metoda dan prosedur yang digunakan dalam proses akuntansi haruslah konsisten dari tahun ke tahun.

5. Prinsip Pengungkapan Lengkap (Full Disclousure Principle)   

    Maksudnya adalah menyajikan informasi secara lengkap dalam laporan keuangannya.
F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G. Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.

H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti

I.     Langkah langkah Pembelajaran
Pertemuan 7
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai asumsi dasar akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan prinsip-prinsip dasar akauntansi

Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan asumsi dasar akuntansi secara lisan maupun tulisan.
·         Menafsirkan secara terperinci prinsip-prinsip dasar akuntansi
 dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman prinsip-prinsip dasar akauntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali prinsip-prinsip dasar akauntansi
     secara detail.
10 menit

Pertemuan 8
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit

Pertemuan 9
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
10 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai asumsi dasar akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan prinsip-prinsip dasar akauntansi

Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan asumsi dasar akuntansi secara lisan maupun tulisan.
·         Menafsirkan secara terperinci prinsip-prinsip dasar akuntansi
 dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman prinsip-prinsip dasar akauntansi
berdasarkan hasil latihan peserta didik

70 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali prinsip-prinsip dasar akauntansi
     secara detail.
10 menit


Pertemuan 10
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan kekurangan dan kelebihan asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
15 menit


J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
a.       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
b.      Penggunaan ungkapan
c.       Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
d.      sikap
Membaca Pemahaman:
a.        Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
Membaca nyaring:
a.      Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
b.      Sikap
Menulis
a.       Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
b.      Ejaan, tanda baca, tulisan tangan materi asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi


Cara penilaian:
a.       Tes lisan/tertulis
b.      Observasi kelas
c.       Portofolio.

Contoh Rubrik Penilaian

Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: X Akuntansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Content ( isi pembelajaran )
2.
Fluency ( Kefasihan )
3.
Language ( Bahasa )
a. Pronunciation and intonation ( Cara pengucapan dan intonasi )
b. Grammar ( tata bahasa )
c. Vocabulary (kosa Kata )
4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Jumlah
Skor Maksimum
20
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten

Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.




Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam,  Juli 2017
Guru Mapel AKUNTANSI


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464





Tidak ada komentar:

Posting Komentar