Senin, 26 Februari 2018

RPP Akuntansi Dasar KD 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Ganjil
Mata Pelajaran        : Akuntansi Dasar
Materi Pokok         : Transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 20 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.7 Memahami transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
2.    KD pada KI keterampilan
4.7 Mengelompokkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.7.1 Menjelaskan transakasi bisnis perusahaan jasa
3.7.2 Menjelaskan transakasi bisnis perusahaan dagang
3.7.3 Menjelaskan transakasi bisnis perusahaan manufaktur
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.7.1 Menerapkan transakasi bisnis perusahaan jasa
4.7.2 Menjelaskan transakasi bisnis perusahaan dagang
4.7.3 Menjelaskan transakasi bisnis perusahaan manufaktur

D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Mempelajari transakasi bisnis perusahaan jasa
2.      Mempelajari transakasi bisnis perusahaan dagang
3.      Mempelajari transakasi bisnis perusahaan manufaktur
E.  Materi Pembelajaran
Perbedaan Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur

Dalam dunia bisnis, kita akan dikenalkan pada tiga macam usaha berbeda yang tentunya sedikit memengaruhi bentuk akuntansi dari pencatatan keuangannya. Tiga jenis usaha yang mempengaruhi pencatatan akuntansinya tersebut adalah perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan jasa.

Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis. Perusahaan manufaktur memperoleh produk yang dibuat dari bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan jadi. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan. Tetapi produk mereka bersifat tidak berwujud seperti perusahaan dagang atau manufaktur. Produk mereka terlihat berupa hasil jasa mereka. Sehingga dalam pencatatan akuntansi mereka  hanya akan terlihat pada bagian persediaan dan pembelian saja. Dengan kata lain dapat kita ringkas sebagai berikut.

Perusahaan Dagang
Perusahaan Manufaktur
Perusahaan Jasa
Persediaan
Barang Dagang
- Bahan Baku
- Persediaan dalam proses produksi
- Persediaan bahan pembantu
- Persediaan barang jadi
Tidak memiliki persediaan
Pembelian
Ada
Ada
Langsung dimasukkan dalam peralatan atau perlengkapan
Harga
Ada harga pokok penjualan (HPP)
Ada harga pokok penjualan (HPP)
Tidak ada harga pokok penjualan (HPP)
Akuntansi Biaya
Tidak ada akuntansi biaya
Ada akuntansi biaya
Tidak ada akuntansi biaya

Pada perusahaan jasa, proses penjualan dan produksi jasa berlangsung ketika ada kesepakatan antara perusahaan dan konsumen. Oleh karena itu, dari sudut pandang akuntansi hanya ada dua transaksi utama pada perusahaan jasa, yaitu transaksi administratif dan penjualan jasa. Adapun tahapan dalam siklus akuntansi perusahaan jasa adalah sebagai berikut.

1.      Pencatatan, terdiri atas penjurnalan dan pemindahbukuan (posting).
2.      Pengikhtisaran (ringkasan),  tahap ini dilakukan setelah tahap pencatatan selesai dilakukan. Pada tahap ini dibuat ringkasan dari pengaruh seluruh transaksi keuangan yang terjadi selama periode yang bersangkutan. Ringkasan tersebut terlihat dalam saldo akhir dari setiap akun buku besar. Selanjutnya, saldo setiap akun tersebut dicatat dalam dokumen tersendiri yang disebut neraca saldo (trial balance). Kegiatan akuntansi yang dilakukan pada tahap pengikhtisaran meliputi penyusunan neraca saldo, pembuatan jurnal penyesuaian, penyusunan kertas kerja (neraca lajur), pembuatan jurnal penutup, neraca saldo setelah penutupan,
3.      Pembuatan Laporan Keuangan, yang meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

Perbedaan dan Persamaan Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur

Perbedaannya:
1) Perusahaan Jasa
    a. Tidak menjual barang atau produk tetapi menjual dalam bentuk jasa.
    b. Tujuannya memperoleh laba keuntungan yang ditetapkan.
    c. Tidak memiliki persediaan barang.
    d. Tidak menentukkan harga pokok barang.
    e. Tidak memerlukan pembuatan laporan harga pokok produksi.

2) Perusahaan Dagang
    a. Menjual barang yang diperoleh dari pemasok.
    b. Tujuannya menjual kembali barang tanpa mengubah bentuk.
    c. Memliki persediaan barang jadi.
    d. Dalam menetukkan harga pokok barang relative mudah.
    e. Tidak menggunakan laporan harga pokok produksi.

3) Perusahaan Manufaktur
    a. Menjual barang yang diperoleh dengan cara mengolah bahan baku terlebih dahulu.
    b. Tujuannya menghasilkan barang jadi yang bernilai jual.
    c. Memiliki persediaan bahan olahan atau bahan baku.
    d. Dalam menentukkan harga pokok harus melalui beberapa tahapan.
    e. Membuat laporan harga pokok produksi.

Persamaannya:
a. Merupakan unit usaha yang melakukan aktifitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
b. Tujuan utamanya mendapatkan keuntungan atau laba yang sebesar-besarnya dari aktifitas ekonomi tersebut.

F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G. Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.

H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1A, Karangan Dwi Harti
I.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 33
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan secara lisan tulisan maupun tulisan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
detail.
15 menit

Pertemuan 34
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 35
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan secara lisan maupun transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
detail.
15 menit

Pertemuan 36
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 37
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan secara lisan maupun transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
detail.
15 menit

Pertemuan 38
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit

Pertemuan 39
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
  • Peserta didik memahami contoh-contoh berdasarkan informasi sekitar  yang dikenalnya
  • Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·        Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·        Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
15 menit
2
Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
Peserta didik melakukan kegiatan,
  • Mempelajari dan menjelaskan secara lisan maupun transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur tulisan.

Konfirmasi
·         Guru menegaskan pemahaman transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
berdasarkan hasil latihan peserta didik

105 Menit
3
Penutup
·         Peserta didik menuliskan kembali transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
detail.
15 menit

Pertemuan 40
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
10
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur atau bagian yang belum dimengerti.
70 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
10 menit





J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
a.       Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
b.      Penggunaan ungkapan
c.       Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
d.      sikap
Membaca Pemahaman:
a.        Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
Membaca nyaring:
a.      Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
b.      Sikap
Menulis
a.       Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
b.      Ejaan, tanda baca, tulisan tangan materi
transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur


Cara penilaian:
a.       Tes lisan/tertulis
b.      Observasi kelas
c.       Portofolio.

Contoh Rubrik Penilaian

Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: X Akuntansi
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Content ( isi pembelajaran )
2.
Fluency ( Kefasihan )
3.
Language ( Bahasa )
a. Pronunciation and intonation ( Cara pengucapan dan intonasi )
b. Grammar ( tata bahasa )
c. Vocabulary (kosa Kata )
4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)
Jumlah
Skor Maksimum
20
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten








Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam, 16 September 2017
Guru Mapel AKUNTANSI


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464





Tidak ada komentar:

Posting Komentar